Jumat, 06 November 2015

PEMILIHAN LETAK PERUSAHAAN

BAB I
PENDAHULUAN
1.1    LATAR BELAKANG
Perusahaan adalah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Hal ini disebabkan karena kebutuhan manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati sebuah proses disuatu tempat, sehingga inti dari perusahaan ialah tempat melakukan proses sampai bisa langsung digunakan oleh manusia.
Untuk menghasilkan barang siap konsumsi, perusahaan memerlukan bahan-bahan dan faktor pendukung lainnya, seperti bahan baku, bahan pembantu, peralatan dan tenaga kerja. Untuk memperoleh bahan baku dan bahan pembantu serta tenaga kerja dikeluarkan sejumlah biaya yang disebut biaya produksi.
Hasil dari kegiatan produksi adalah barang atau jasa, barang atau jasa inilah yang akan dijual untuk memperoleh kembali biaya yang dikeluarkan. Jika hasil penjualan barang atau jasa lebih besar dari biaya yang dikeluarkan maka perusahaan tersebut memperoleh keuntungan dan sebaliknya jika hasil dari jumlah penjualan barang atau jasa lebih kecil dari jumlah biaya yang dikeluarkan maka perusahaan tersebut akan mengalami kerugian. Dengan demikian, dalam menghasilkan barang dan jasa perusahaan menggabungkan beberapa faktor produksi untuk mencapai tujuan yaitu keuntungan.
Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.


BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 PEMBAHASAN
2.1.1 Pengertian Letak Perusahaan
Letak perusahaan sering pula disebut tempat kediaman perusahaan, yaitu tempat dimana perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari. Sedangkan istilah tempat kedudukan perusahaan dapat diartikan sebagai tempat kantor pusat perusahaan. Dengan semakin tajamnyapersaingan serta banyaknya perusahaan yang saat ini bermunculan, maka pemilihan letak perusahaan ini sudah tidak mungkin dilakukan dengan cara coba-coba. Karena dengan cara itu perusahaan akan kalah dalam bersaing, disamping waktu harus berpacu, juga efisiensi dibidang biaya perlu mendapat perhatian. Oleh karena itu pemilihan letak perusahaan ini harus dilakukan dan diputuskan melalui beberapa pertimbangan yang disertai fakta yang kongkrit dan lengkap.
2.1.2 Pemilihan Letak Perusahaan
Dalam pemilihan letak perusahaan, terbagi menjadi tiga hal penting diantaranya :
a.    Pentingnya letak perusahaan
Pemilihan letak perusahaan yang tepat sangat menentukan keberhasilan perusahaan, dan karena itu juga sangat menentukan kelangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu, sebelum mendirikan perusahaan, perlu dipertimbangkan dengan sangat matang tentang pemilihan lokasi yang sekiranya dapat memberikan keuntungan yang paling maksimal.
Kesalahan dalam memilih lokasi suatu badan usaha bisa menimbulkan kerugian yang sangat besar dan juga membuang waktu secara percuma. Pemilihan letak yang tepat akan menjadi penentu bagi keberhasilan perusahaan. Pertimbangan dan perhitungan yang matang tentang persoalan pemilihan lokasi tersebut akan menjadi teman anda atau justru akan menjadi musuh anda dalam menjalankan operasional perusahaan.
b.    Jenis letak perusahaan
Ada 4 jenis letak perusahaan :
    Letak perusahaan yang terkait pada alam. Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam. Jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia. Misalkan usaha pertanian, pertambangan.
    Letak perusahaan berdasarkan sejarah. Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah dilokasi itu. Misalkan kerajinan batik didaerah Surakarta dan Jogjakarta. Hal ini disebabkan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita di kraton.
    Letak perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dalam hal ini pemerintahlah yang menentukan dimana perusahaan menjalankan aktivitasnya. Hal ini agar masyarakat disekitar lokasi itu tidak merasa terganggu karena adanya perusahaan itu.
    Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi. Pada umumnya jenis perusahaan ini bersifat industri. Disini ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan letak perusahaan :
1.    Dekat dengan bahan baku. Contoh : Pabrik gula, pabrik semen.
2.    Dekat dengan pasar. Contoh : Pabrik roti (Bakery), rumah makan dan juga perusahaan jasa seperti Bank/Asuransi.
3.    Dekat dengan pemasok tenaga kerja. Contoh : Pabrik rokok, pabrik kembang gula.
4.    Dekat dengan penyedia sumber tenaga/energy. Contoh : Pabrik peleburan bijih besi, aluminium dan baja.
5.    Iklim. Contoh : Pabrik teh, pemintalan kapas, industry jamur.
6.    Biaya transport. Contoh : pabrik mobil, sangat membutuhkan lancarnya transportasi. Apabila jalan-jalan yang akan dilalui produk perusahaan ke konsumen sudah baik, maka diharapkan ongkos transportnya juga akan menjadi rendah.
7.    Besarnya suplay modal. Contoh : Perusahaan yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya, cenderung akan memilih tempat dimana penanaman modal cukup besar disertai tingkat bunga yang cukup rendah.

Menurut Kimball, faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan letak perusahaan adalah sebagai berikut :
1.    Bahan mentah
2.    Pasar.
3.    Tenaga kerja.
4.    Iklim yang baik.
5.    Besarnya penawaran modal.

Menurut Spengler dan Klein, ada dua faktor yang mempengaruhi pemilihan letak perusahaan, yaitu faktor primer (bahan mentah, pasar, pengangkutan, tenaga kerja, tenaga) dan faktor sekunder (fasilitas kredit dan iklim).

c.    Cara penentuan letak perusahaan.
Secara umum terdapat 2 macam cara untuk menentukan lokasi perusahaan, yaitu :
1.    Cara Kualitatif
Dengan cara ini diadakan penilaian secara kualitatif terhadap faktor-faktor yang dianggap relevan atau memegang peranan pada setiap pilihan lokasi.
2.    Cara Kuantitatif
Dengan cara ini hasil analisis kualitatif dikuantifikasikan dengan cara memberikan skor (nilai) pada masing-masing kriteria. Sedangkan teori menurut Alfred Weber, dalam teorinya mengemukakan ada dua faktor yang mempengaruhi penetapan lokasi perusahaan, yaitu biaya pengangkutan dan biaya tenaga kerja.

2.1.3 Perbedaan Tempat dan Letak Perusahaan   
Perbedaan letak perusahaan dan tempat kedudukan perusahaan terletak pada fungsinya. Tempat kedudukan perusahaan berfungsi sebagai tempat administrasi atau kantor pusat perusahaan tersebut dan cenderung ke kota-kota besar. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan dan sebagainya. Sedangkan letak perusahaan  berfungsi sebagai tempat mengolah produk (keadaan fisik perusahaan untuk melaksanakan kegiatan operasional).

2.1.4 Contoh Nama-Nama Perusahaan
    PT. Sahid Artha Sari.
Bidang usaha : Pedagang valuta asing, Hotel Sahid Jaya, Ground Floor.
    PT. Garmen Rodeo Kerta Kencana.
Bidang usaha : Pakaian.
    PT. Ranah Indah.
Bidang usaha : Kabar penerbit surat.
    PT. Rama Wira Perdana.
Bidang usaha : Pelaku bepergian.
    PT. Mecaf.
Bidang usaha : alat-alat perlengkapan peralatan rumah tangga untuk militer.


BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
1.    Pemilihan letak perusahaan yang akan menjadi penentu keberhasilan atau kegagalan perusahaan.
2.    Kesalahan dalam memilih lokasi suatu badan usaha bisa menimbulkan kerugian yang sangat besar dan juga membuang waktu secara percuma.
3.2 SARAN
Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis mengajukan beberapa saran sebagai berikut :
1.    Dalam pendirian perusahaan sebaiknya mempertimbangkan dahulu segala aspek yang terkait agar perusahaan tersebut memperoleh keuntungan yang maksimum.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar